Gaya Kerja yang Cocok untuk Anak Millenial !!!

Tidak bisa dipungkiri dengan perubahan waktu dan semakin berkembang pesatnya teknologi menjadi salah satu yang mempengaruhi gaya kerja saat ini, terbiasa dengan segala yang mudah, akses yang cepat membuat tidak sedikit orang mulai tidak betah dengan kegiatan yang monoton berulang tanpa akhir yang jelas, apakah kamu merasakannya juga ? Nah Berikut sudah kami rangkum beberapa sistem kerja yang cocok untuk generasi Milenial, salah satu adalah Freelance..

Menurut Kalian kira-kira apasih itu Freelance itu ? sebuah kegiatan kah ? nama situs kah? atau apa ?

Nah Biar Cepat kita Jelasin aja ya, Jadi Freelance memilki arti Seorang pekerja lepas / pekerja bebas. mereka pun seorang PNS loh, iyaa.. Pencari Nafkah Serabutan hehehe

kenapa bisa dikatakan seperti itu ?

iya, karena Freelance adalah sistem kerja dimana seorang Pribadi atau Personal bekerja tanpa adanya ikatan Resmi semisal jabatan, seseorang yang bekerja dengan sistem Freelance ini disebut dengan Freelancer.

Bagaimana sih Sistem Kerja Freelancer?

Berdasarkan pengamatan kami, sistem kerja Freelancer bermodal Membangun Branding Personal ataupun Team, jika sudah menjadi sebuah studio dengan cara memanfaatkan situs penyedia kerja, kontes desain, marketplace, social media dan banyak lagi. Sehingga pada kontraknya akan terjadi kesepakatan antara penyedia jasa (Freelancer) dengan pemesan (Buyer) jika kontrak disepakati dan biaya awal telah dibayarkan oleh buyer maka akan masuk ke tahap selanjutnya yakni merumuskan atau membuat sketsa awal hingga pesanan sesuai dengan keinginan pemesan, tidak jarang dalam sistem kerja ini juga memberikan layanan perbaikan atau yang lebih dikenal dengan Revisi, biasanya Revisi ditentukan oleh penyedia jasa dengan menyesuaikan budget yang ditawarkan.

Seorang Freelancer terbilang mempunyai kontrol penuh terhadap 24 jam waktu yang ia miliki, seorang Freelancer secara bebas menentukan kapan ia harus kerja dan kapan waktunya ia untuk rehat..

pic from unsplash

lalu apakah seorang pekerja kantoran atau pegawai bisa menjadi seorang Freelancer?


Naah .. kita akan masuk kedalam pembagian waktu Kerja ala Freelancer.
jika tadi kita sudah membahasa secara umum tentang apa itu Freelance dan Freelancer.. maka kali ini kita akan masuk dalam pembahasan waktu kerja seorang Freelancer.

seperti halnya waktu kerja pada umumnya, sistem pembagian waktu kerja juga ada dalam kamus Freelancer, sistem pembagian waktu kerja ini terbagi menjadi 2 yakni Fulltime Freelancer dan Part Time Freelancer !

Jadi kapan seorang Freelancer disebut Fulltime Freelancer dan Kapan ia dapat Disebut masuk kedalam Parttime Freelancer ?

kembali kepembahasan sebelumnya, sekalipun Freelancer mungkin adalah idaman bagi banyak orang namun pada kenyataannya menjadi seorang Freelancer tidak mudah dimasa Awal merintis, Seorang Freelancer setidaknya harus bisa membranding diri dan juga memasarkan dirinya, detailnya akan saya bahas pada tulisan lain saja ya.

kita akan lanjut pada pembahasan Fulltime dan Parttime Freelancer,

Fulltime jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia maka akan berarti Waktu Penuh, seorang Fulltime Freelancer dalam hal ini sudah terbilang ahli dibidangnya, waktu kerja yang ia punya ia gunakan secara penuh fokus dengan usaha yang ia punya, contohnya seperti apabila A bekerja sebagai Fulltime Freelancer sudah berhasil menumbuhkan kepercayaan dari pihak B untuk selalu menggunakan Jasa Pihak A sehingga Pihak A sudah tidak perlu mencari cari atau malah menawarkan jasa ini dan itu hanya tinggal melakukan sedikit follow up guna memberikan informasi layanan terbaru dari pihak A.

selain sebagai penyedia jasa, seorang Fulltime Freelancer ini juga bekerja sebagai Design Product Template, Ebook, E Course, Design Template, Mockup Template dan banyak lainnya, yang dikerjakan sebagai untuk pasive Income bila pada sumber pendapatan satu sedang menurun.

pic from unsplash

Sedikit berbeda dengan Fulltime Freelance, ada pula Part Time Freelancer, pekerja jenis ini biasanya telah memiliki pekerjaan utama, contoh ia seperti seorang pegawai, jam kerja seorang Pegawai saat ini dimulai dari Pukul 8 pagi hingga jam 4 atau 5 sore. setelah itu ia memiliki waktu luang sekitar beberapa jam dan dikurangi waktu tidur kurang lebih 8 jam sehari, diwaktu luang yang ada tidak jarang seorang pekerja membutuhkan pemasukan lain selain dari pendapatan tetapnya, maka ia akan mengerjakan pekerjaan lain sebagai pengisi waktu luang, melatih skill namun tetap menghasilkan uang agar dapur tetap mengepul..hehedari kedua perbedaan antara sistem pembagian waktu kerja ala Freelancer, saat ini cara kerja paling diminati oleh Anak Anak Millenials adalah Sistem Kerja Remote, Remote adalah sebutan cara kerja dengan dikontrol secara jarak jauh, bisa jadi seorang pekerja tidak berada dikantor, komunikasi terhubung dengan koneksi internet melalui beberapa social media pendukung seperti Slack, Asana dan banyak lainnya.

Seorang Fulltime Freelancer maupun Parttime Freelancer sangat bisa memilih cara kerja yang mereka inginkan, tapi kembali kepada kontrak awal, dari yang kami amati beberapa perusahan sudah membuka kuota untuk pekerja Remote atau tidak perlu onsite, tapi tidak banyak juga yang menerapkan aturan pekerja Remote yang dibutuhkan haruslah berdomisili daerah ini dan itu saja, mungkin itu adalah cara awal sebuah perusahaan berbaur dengan sistem kerja yang baru baru saja populer di jaman ini, yang juga bersamaan dengan makin canggihnya sistem teknologi komunikasi manusia saat ini.

Nah itulah sedikit paparan tentang sistem kerja anak millenials, apakah kamu salah satunya ?

dan jika kamu bingung mencari lowongan kerja dan kamu bingung harus mencari dimana, saat ini kamu berada di situs yang tepat, sedikit sering kami menginformasikan informasi lowongan kerja untuk bidang desain dan IT, dengan sistem kerja remote #lokerremote setiap postingan kami juga sertakan hastag #lokerdesain.. untuk mempermudah kamu mencari lowongan kerja, silahkan kunjugi akun instagram kami di @lokerdesain

Afifah @mbkfah| admin lokerdesain

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *